Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1


Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1


1. Jelaskan bentuk krisis moneter yang melanda Indonesia, yang terjadi pada masa akhir pemerintahan Orde Baru!

Jawaban : Ketika krisis ini melanda Indonesia, nilai rupiah jatuh secara drastis, dampaknya terus menggerus di segala bidang kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, politik dan sosial. Tidak sampai menempuh waktu yang lama, sejak pertengahan tahun 1997, ketika krisis moneter melanda dunia, bulan Mei 1998, Orde Baru akhirnya runtuh. Krisis moneter membuka jalan bagi kita menuju terwujudnya kehidupan berdemokrasi yang sehat, yang selama ini terkukung oleh sistem kekuasaan Orde Baru yang serba menguasai semua sisi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.


Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1

2. Jelaskan tentang wujud ketegangan-ketegangan sosial yang terjadi di masyarakat pada masa akhir pemerintahan Orde Baru!

Jawaban : Pada saat krisis semakin dalam, muncul ketegangan-ketegangan sosial dalam masyarakat. Pada bulan-bulan awal 1998 di sejumlah kota terjadi kerusuhan anti Cina. Kelompok ini menjadi sasaran kemarahan masyarakat karena mereka mendominasi perekonomian di Indonesia. Krisis ini pun semakin menjalar dalam bentuk gejolak-gejolak non ekonomi lainnya yang membawa pengaruh terhadap proses perubahan selanjutnya.

3. Jelaskan, perbedaan antara masa pemerintahan Orde Baru dengan Orde Reformasi dalam hal kebebasan berpendapat!

Jawaban : Pada masa Orde Baru dalam hal berpendapat tidak sebebas ketika pada Orde Reformasi yang begitu banyak orang bersuara.

4. Jelaskan tentang makna Reformasi!

Jawaban : Reformasi adalah gerakan untuk mengubah bentuk atau perilaku suatu tatanan, Kemunculan gerakan reformasi dilatarbelakangi terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia.
5. Ceritakan tentang gerakan mahasiswa yang berperan dalam jatuhnya pemerintahan Orde Baru!


Jawaban : Dalam beberapa minggu setelah terpilihnya kembali Soeharto sebagai Presiden RI, kekuatan-kekuatan oposisi yang sejak lama dibatasi mulai muncul ke permukaan. Meningkatnya kecaman terhadap Presiden Soeharto terus meningkat yang ditandai lahirnya gerakan mahasiswa sejak awal 1998. Gerakan mahasiswa yang mulai mengkristal di kampus-kampus, seperti ITB, UI dan lain-lain semakin meningkat intensitasnya sejak terpilihnya Soeharto. Demonstrasi-demonstrasi mahasiswa berskala besar di seluruh Indonesia melibatkan pula para staf akademis maupun pimpinan universitas. Garis besar tuntutan mahasiswa dalam aksi-aksinya di kampus di berbagai kota, yaitu tuntutan penurunan harga sembako (sembilan bahan pokok), penghapusan monopoli, kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) serta suksesi kepemimpinan nasional. Aksi-aksi mahasiswa yang tidak mendapatkan tanggapan dari pemerintah menyebabkan para mahasiswa di berbagai kota mulai mengadakan aksi hingga keluar kampus. Maraknya aksi-aksi mahasiswa yang sering berlanjut menjadi bentrokan dengan aparat kemanan membuat Menhankam/Pangab, Jenderal Wiranto, mencoba meredamnya dengan menawarkan dialog. Dari dialog tersebut diharapkan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat kembali terbuka. Namun mahasiswa menganggap bahwa dialog dengan pemerintah tidak efektif karena tuntutan pokok mereka adalah reformasi politik dan ekonomi pengunduran diri Presiden Soeharto.

Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 103 Kelas 12 Semester 2soal bahasa indonesia kelas 4 semester 2 dan kunci jawabansoal bahasa indonesia kelas 5 semester 2 dan kunci jawabansoal bahasa indonesia kelas 6 semester 2 dan kunci jawabansoal bahasa indonesia kelas 8 semester 2 dan kunci jawabansoal bahasa indonesia kelas 7 semester 2 dan kunci jawabansoal bahasa indonesia kelas 7 semester 2 beserta kunci jawabansoal uts bahasa indonesia kelas 5 semester 2 dan kunci jawabankunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 96Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesiasoal sejarah kelas xi ips dan kunci jawabansoal sejarah kelas xii ips beserta kunci jawabanj.p coen dapat dikatakan sebagai peletak dasar penjajahan voc di indonesiauji kompetensi halaman 59 sejarah indonesiamengapa voc dikatakan sebagai negara dalam negarajelaskan dampak tanam paksa bagi bangsa indonesiamengapa pemerintahan komisaris jenderal mengambil kebijakan jalan tengahjelaskan posisi kepulauan maluku dalam perdagangan internasional abad ke 15 sampai abad ke 17Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 4 Kelas 12 Part 2kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 88kunci jawaban pkn halaman 98 kelas 12kunci jawaban pkn kelas xiikunci jawaban pkn kelas 12 halaman 70kunci jawaban pkn halaman 101 kelas 12kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 75kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 56kunci jawaban pkn halaman 46 kelas 12Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 4 Kelas 12 Part 3kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 88kunci jawaban pkn halaman 88kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 83jawaban pkn halaman 83 kelas 12kunci jawaban pkn halaman 98 kelas 12kunci jawaban pkn halaman 105 kelas 12kunci jawaban pkn halaman 101 kelas 12kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 141Kunci Jawaban PKN Halaman 204 Kelas 12kunci jawaban pkn kelas 12 penerbit erlanggakunci jawaban pkn halaman 14kunci jawaban pkn halaman 62kunci jawaban pkn kelas xiikunci jawaban pkn kelas xikunci jawaban pkn kelas 7kunci jawaban pkn kelas 4kunci jawaban pkn kelas 8Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1soal sejarah tentang kolonialisme dan imperialismesoal sejarah kelas xi dan kunci jawabansoal sejarah dan kunci jawabansoal sejarah kelas xi ips semester 1 beserta jawabansoal sejarah kelas xi semester 1 beserta jawabannyasoal sejarah kelas xii ips semester 1 dan kunci jawaban
Baca Juga;
  1. Kekuasaan Kehakiman di Indonesia
  2. Dewan Sekolah Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon 
  3. Latihan soal – soal Barisan dan Deret
  4. Prestasi Belajar
  5. Sarana Administrasi Pendidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon 
  6. INFO MAPENDA KAB BOGOR : APLIKASI LAMPIRAN PENUGASAN GURU F1 
  7. Kurikulum Dan KBM Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon 
  8. SKRIPSI TANGGUNG JAWAB PENGAWASAN BANK INDONESIA TERHADAP PERBANKAN SYARIAH MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 21 TAHUN 2008
  9. Berbagai Hambatan dalam Penerapan Kebijakan Moneter Inflation Targeting 
  10. Article Marketing Secret Tips 
  11. SEO is Easier Than You Might Think 
  12. Kecerdasan Naturalis 
  13. Backlinks Are Key To Any Online Marketer’s Success 
  14. Kecerdasan Kinestetik 
  15. Lembar Pengesahan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon 
  16. New Era In Internet Marketing 
  17. Kecerdasan Visual Spasial
  18. Forex Dalam Hukum Islam 
  19. Agama Filsafat dan Ilmu 
  20. SKRIPSI HUBUNGAN ANTARA CITRA RAGA DENGAN PERILAKU MAKAN PADA REMAJA PUTRI 
  21. SKRIPSI GAMBARAN MAKNA HIDUP PADA PELAKU PERCOBAAN BUNUH DIRI 
  22. SKRIPSI TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELITUS TENTANG KOMPLIKASI DIABETES MELITUS DI RS X 
  23. SKRIPSI ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEPERAWATAN PRIMA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT X
  24. Kecerdasan Musikal
  25. Classroom Displays
  26. Daftar Isi Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon
  27. Kecerdasan Intrapersonal
  28. Pengertian Atsar
  29. Pengertian dan Ruang Lingkup Ushul Fiqh 
  30. Pengertian Beberapa Istilah Dalam Ulumul Hadits 
  31. SEO Tip #2 
  32. Adab Berhias
  33. Kecerdasan Logika Math
  34. TESIS KAPASITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SEKOLAH EFEKTIF


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1

0 komentar:

Post a Comment